BERITA

Kamis, 19 Mei 2011

PLTMH DI KECAMATAN NASSAU DI KABUPATEN TOBASA


Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTMH) akan dibangun di Kecamatan Nassau, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, sebagai alternatif dalam upaya memenuhi kebutuhan pasokan listrik di wilayah tersebut.

"Konsep PLTMH ini, biasa digunakan untuk pembangkit listrik yang menghasilkan output sekitar 1.000 Kilowatt," ujar Kabag Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir, Arwanto Ginting di Balige.

Ia mengatakan, pembangkit listrik ini merupakan salah satu alternatif penyediaan pasokan listrik yang dapat menembus keterbatasan akses transportasi, teknologi, hingga biaya.

Untuk itu, kata Arwanto, Bupati Toba Samosir Kasmin Simanjuntak bersama M Riza Husni selaku Direktur PT Bersaudara Simalungun Energi, melakukan survei lapangan ke lokasi rencana pembangunan PLTMH di Kecamatan Nassau.

Sebab, lanjut dia lagi, kecamatan dimaksud sangat potensial untuk digunakan dalam pembangunan pembangkit listrik tenaga mini hidro.

"Pembangunan PLTMH di desa-desa terpencil, juga sebagai upaya pemerintah daerah untuk menggerakkan roda perekonomian yang dengan sendirinya akan mendorong pembangunan di wilayah tersebut," kata Arwanto.

Potensi pengembangan PLTMH di daerah ini masih sangat terbuka, dan sumber energi yang dihasilkannya merupakan sebuah alternatif melalui penggunaan teknologi sederhana.***mpc-tobasa/ann/Rep1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar